Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Oleh Guru PAK Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas Fase E SMA Negeri 1 Tinada
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (1983). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Bina Aksara.
Budiman Arief. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD & Pengaruhnya Bagi Kemampuan Berpikir Kritis & Efikasi Diri (K. Wiwit (ed.); Edisi Pert). CV Pena Pesada.
Citriadi, Y. (2019). Pengantar Pendidikan (Supardi (ed.); Edisi pert). Cv Sanabil.
Murthada Murthada, & Seri Mughni Sulubara. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Di SMP IT Muhammadiyah Takengon. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.659
Nur Syamsu, F., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450
Oktapiani, C., & Parujad, D. (2010). Pengaruh Student Teams Achivement Division Terhadap Perolehan Belajar Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan …, 7(9), 3.
Parlindungan Pardede. (2016). Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pendidikan Kristen. REGULA FIDEI; Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–32.
Ridwan, A., Nur Amanah Asdiniah, E., Afriliani, M., & Fadia Nurul Fitri, S. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Sikap Kompetitif Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(01), 456.
Sampouw, F. A., Stefanus, T. A., & Windarti, M. T. (2024). Alkitab sebagai Landasan Berpikir Kritis. 17–28.
Simamora, A., Panjaitan, M., Manalu, A., Siagian, A. F., Simanjuntak, T. A., Silitonga, I. D. B., Siahaan, A. L., Manihuruk, L. M. E., Silaban, W., & Sibarani, I. (n.d.). Model Pembelajaran Kooperatif (L. N. Sihombing (ed.); Edisi Pert). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung:Alfabeta, 2013).
Taniredja, T. (2011). Model Model Pembelajaran Inovatif & Efektif. CV Alfabeta.
Wawancara dengan guru PAK SMA N 1 Tinada pada 07 Maret 2024.
Zakiah, L., & Ika, L. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran (Erminawati (ed.).
DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v9i2.2723
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com